Monday, December 5, 2016

9Cara Cek Kerusakan Umum Pada Notebook.Laptop


Unitk8 - Cara cek kerusakan umum pada pc atau laptop anda. dengan beberapa cara ini mungkin anda bisa mengantisipasi kerusakan. 
9Cara Cek Kerusakan Umum Pada Notebook.Laptop

Problem Konektor Power & Port Notebook.Laptop

Problem ini juga sering terjadi. Hal ini dikarenakan retaknya sambungan solder pada konektor atau port tersebut. Retaknya solder tersebut disebabkan oleh panas dan umur dari laptop itu sendiri. Solusinya adalah melakukan solder ulang terhadap bagian yang mengalami keretakan solderan.

Chipset.Notebook.VGA Laptop 

Layar gelap atau sebaliknya dan muncul garis" hitam putih tidak beraturan. Solusinya adalah anda jangan melakukan apapun [awam] sesegera mungkin bawa Notebook anda ke RS[ServiceC] terdekat .

Motherboard.Notebook.ICregulator Laptop 

dihidupin agak lola,matot atau mati total dan baterai norespon saat dicharger tapi Indikator charger menyala dan setelah dicharge lampu indikator mati [konslet] atau terjadi arus balik pada powernya. Kerusakan ini sering terjadi. kerusakan ini terjadi biasanya pada chipset. perhatian bila chipset terlalu panas, berarti overhad dan cipset tersebut  dalam otw rusak, sesegera mungkin anda bawa ke RS[ServiceC] terdekat, dan ane tambahin Periksa juga dibagian circuit power supply, apakah ada jalur circuit yang putus atau komponen yang hangus. Solusinya adalah periksa dibagian kapasitor yang mengembung atausegera ganti kalau anda sanggup menggantinya dan bila mungkin bawa ke RS[ServiceC] terdekat.

LCD Notebook.Laptop 

hampir sama dengan kerusakan VGA atau post2 > Layar gelap atau sebaliknya dan muncul garis" hitam putih tidak beraturan. Solusinya adalah Matikan laptop dengan hard turn off [tekan tombol power sampai mati], lanjut lepas kabel chargernya dan batrainya juga, setelah itu tekan tombol power off beberapa detik untuk menghilangkan muatan kapasitansi, setelah semua selesai pasang baterai dan kabelnya lagi, nyalakan laptop. Jika masih muncul, maka kemungkinan ada kerusakan hardware, coba cek dulu konektor ataupun soket-soket yang berhubungan dengan monitor lebih rinci atau sebaiknya bawa ke RS[ServiceC] resmi.

Baca Juga : Cek Ketrangan LCD Notebook.Laptop Berkedip

Memory Notebook.Laptop

layar blue screen pada saat mulai loading Operating System. Bisa juga keluar suara beep berulang-ulang. Solusinya adalah Cabut memory laptop dan bersihkan dan pasang lagi, apabila tidak bisa juga, coba ganti dengan memory yang baru

Hardisk Notebook.Laptop

Loading data / System lola, berbunyi tidak normal[beep], tidak bisa masuk windows, belum sampai login windows sudah restart sendiri, Tidak terdeteksi, penyebabnya adalah Kemungkinan bila pembacaan data lambat, hardisk anda sudah melemah, dimana tidak sanggup lagi memutar piringan data atau head tidak bisa cepat membaca data pada piringan tersebut dan bila sering restart, kemungkinan hardisk sudah ada bad sector sehingga, saat system membaca file system dan tidak ditemukan, maka system akan restart. Tidak terdetek, kemungkinan power circuit pada hdd sudah rusak atau frimewarenya rusak sehingga hdd tidak terdetek oleh bios.
Solusinya adalah cek hardisk dengan soket kemudian cek apakah hdd terdengar bunyi keras, bila terdengar bunyi keras dan berisik maka kemungkinan ada bad sector, dengan Segera anda harus membackup data" penting anda, sebelum hardisk anda mati total, dan siapkan hardisk baru.

Notebook.Laptop Panas.Overhead 

OVERHEATING [Notebook.Laptop Panas] suhu laptop tidak stabil yang menyebabkan laptop mati mendadak.
- Cek Kondisi Laptop :
- On Normal
- CPU usage 90-100%
 - Suhu Laptop 60-90 Derajat
- 10 Menit - 1 Jam atau Lebih MATI Mendadak
Notebook.Laptop panas atau overhead bisa dikarenakan ventilasi untuk aliran udara dan kipas pendingin tersumbat debu untuk itu kita akan membersihkannya. Sebelum masuk ke cara menanganinya, pastikan anda berbepngalaman atau bisa juga anda membuka dengan didampingi oleh orang yang berpengalaman dibidang tsb. lanjut untuk Solusinya adalah
Bongkar Notebook.Laptop anda
Bersihkan Fan dari debu
Bila Pasta .Thermal Kering, Ganti dengan Thermalpad atau Thermal paste Yang Baru.

Keybod Notebook.Laptop

Beberapa tuts tidak berfungsi, keluar bunyi beep panjang pada saat laptop dinyalakan, cursor berjalan tidak stabil / bergerak sendiri. Kerusakan yang lebih parah biasanya terjadi konslet dan ini menyebabkan Notebook.Laptop setelah booting, restart-restart terus.
Solusinya adalah bongkar keybod Notebook.Laptop anda dan bersihkan dengan penyedot debu, atau bila anda sanggup bongkar semua dan periksa apakah ada circuit yang putus atau ada kotoran yang menempel, bila sudah circuit laptop ada yang putus anda terpaksa beli keyboard yang baru.

Charger Notebook.Laptop

Baterai g lola saat di charge, tidak ada indikator masuk power atau Notebook.Laptop di charger posisi hidup malah kemudian mati. Layar bergetar tidak stabil.
Solusinya adalah Bila anda mampu bongkar dan coba ganti komponen yang rusak di dalam charger tesebut, bisanya kerusakan pada dioda, transistor atau capasitor.

9Cara Cek Kerusakan Umum Pada Notebook.Laptop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fo

1 comments:

  1. Wah, sangat bermanfaat....
    thanks ilmunya kakak....
    ^_^

    ReplyDelete